Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Nabi dan Rasul

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebagai umat muslim, istilah nabi dan rasul tentunya tidaklah asing bagi kita. Dan salah satu rukun iman adalah beriman kepada mereka. Namun apakah kita tahu perbedaan antara nabi dan rasul? Sudah seharusnya kita mengetahui apa itu nabi dan apa itu rasul serta perbedaan antara keduanya. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan membahas perbedaan antara nabi dan rasul.
Apa Perbedaan Antara Nabi dan Rasul?
sumber gambar: youtube

Perbedaan antara nabi dan rasul yaitu rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan diperintahkan untuk disampaikan kepada umat dan untuk beliau sendiri. Sedangkan nabi adalah orang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan tidak diperintahkan untuk menyampaikan kepada umat sehingga wahyu tersebut khusus untuk dirinya sendiri.


Perlu diketahui bahwa rasul sudah pasti nabi akan tetapi nabi belum tentu rasul. Oleh karena itu, Jumlah nabi tentunya lebih banyak daripada rasul. Jumlah mereka sangat banyak, sebagian dari mereka sudah diceritakan oleh Allah SWT di dalam alQuran dan sebagian yang lain tidak diceritakan dalam alQuran. Tidak ada yang tahu pasti jumlah rasul maupun jumlah nabi. Ada pendapat yang menyebutkan jumlah mereka dalam bilangan. Namun, apakah jumlah itu benar? Pendapat yang menyebutkan jumlah nabi dan rasul dalam bilangan sekian tersebut bisa benar, bisa juga tidak benar. Alangkah lebih baiknya kalau kita tidak langsung menganggap itu kebenaran mutlak, karena bagaimana kalau kenyataannya jumlah nabi ataupun rasul lebih dari itu?

Sebagai muslim, kita wajib beriman kepada nabi dan rasul baik yang diceritakan dalam alQuran maupun yang tidak diceritakan dalam alQuran. Adapun yang diceritakan dalam alQuran, kita juga seharusnya tahu nama-nama mereka begitu juga kisah-kisah mereka. Dan tentunya kita tidak asing dengan istilah 25 Nabi dan Rasul, mereka semua adalah rasul dan kita harus mengimaninya. Adapun nabi maupun rasul yang tidak diceritakan dalam alQuran kita juga harus mengimaninya meskipun tidak tahu nama-nama mereka maupun kisah-kisah mereka.

Dan yang tidak kalah penting untuk kita ketahui adalah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul yang terakhir sehingga tidak ada nabi dan tidak ada rasul lagi setelah beliau. Dan kita adalah umat Nabi Muhammad SAW, kita wajib mengikuti apa-apa yang disampaikan beliau SAW.

Wallahu A’lamu Bis-Shawaab

Posting Komentar untuk "Perbedaan Nabi dan Rasul"