Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isim Nakirah dan Isim Ma'rifat

Dalam bahasa Arab ada yang namanya kalimah isim. Kalimah isim ada yang nakirah dan ada pula yang ma'rifat. Lalu apa yang dimaksud dengan isim nakirah dan isim ma'rifat? Mari kita pelajari!

gambar

Isim Nakirah

Isim Nakirah adalah isim yang menunjukkan makna umum atau tak tentu.
Contoh: كِتَابٌ, طَالِبٌ, مَدْرَسَةٌ, قِطٌّ, dan lain-lain


Kata-kata tersebut memiliki makna tak tentu atau belum jelas apa/siapa yang dimaksud. kata كِتَابٌ (kitaabun) misalnya yang berarti buku, kata tersebut masih belum jelas buku apa yang di maksud, apakah bukunya siswa, bukunya guru, buku pelajaran, buku novel atau buku apa masih belum jelas, kata tersebut hanya memiliki makna buku yang sifatnya masih umum.

Isim Ma'rifat

Isim ma'rifat adalah isim yang menunjukkan makna khusus atau tertentu.
Contoh: أَنَا, الكِتَابُ, كِتَابُ زَيْدٍ, هَذَا, dan lain-lain.

Kata-kata tersebut sudah memiliki makna yang jelas mengenai apa/siapa yang dimaksud. Kata  الكِتَابُ (al-kitaabu) misalnya yang bermakna buku itu atau buku tersebut.

Dalam bahasa Arab untuk mema'rifatkan isim nakirah bisa menggunakan alif lam (ال), contoh كِتَابٌ (nakirah) menjadi الكِتَابُ (ma'rifat). Dalam bahasa Inggris untuk mengubah indefinite noun menjadi definite noun bisa menggunakan the contoh: book (indefinite noun) menjadi the book (definite noun). Dalam bahasa Indonesia sepertinya belum ada konsep mengenai kata benda tak tentu dan kata benda tertentu, tetapi dalam prakteknya biasanya menggunakan kata itu atau tersebut, contoh: Budi membeli buku. Buku tersebut harganya mahal.

Macam-macam Isim Marifat

Dalam bahasa Arab isim ma'rifat bukan hanya terdiri dari isim yang ditambahkan alif lam, melainkan ada juga isim ma'rifat dari jenis yang lain. Berikut adalah jenis-jenis isim ma'rifat.

1. Isim Dhamir (Kata Ganti)

Misalnya: أَنَا (saya), أنْتَ (kamu), نَحْنُ (kami)
Kata ganti atau isim dhamir tentunya sudah memiliki makna yang jelas/khusus. Kata أَنَا  misalnya yang berarti saya. Sudah jelas siapa yang dimaksud dengan kata "saya".

2. Isim 'Alam

Contoh: زَيْدٌ, إندونيسيا, مَكَّة
Isim 'alam sudah memiliki makna yang spesifik dan jelas. Kata إندونيسيا yang berarti Indonesia. Sudah jelas kalau Indonesia adalah Indonesia bukan Amerika bukan pula Cina, Indonesia ya Indonesia.

3. Isim Isyarah (Kata Tunjuk)

Contoh: هَذَا (ini), هَذِهِ (ini), تِلْكَ (itu)

4. Isim Maushul

Contoh: الذي, الذين

5. Isim yang dima'rifatkan dengan alif lam (ال)

Contoh: الكِتَابُ, الطالب, المدرسة

6. Isim yang mudhaf (disandarkan) pada isim ma'rifat

Contoh: كِتابُ زَيْدٍ (buku zaid), كِتَابُكَ (bukumu), كِتَابُ الفِقْهِ (buku fiqih)

---------------------------------------------------
Demikianlah pembahasan mengenai isim nakirah dan isim ma'rifat. Kesimpulannya isim nakirah adalah isim yang masih belum jelas maknanya. Sedangkan isim ma'rifat isim yang sudah jelas atau tertentu maknanya dan terdiri dari 6 macam.


Sumber gambar: wikimedia common

1 komentar untuk "Isim Nakirah dan Isim Ma'rifat"

  1. artikelnya sangat bermanfaat sekali mas, ane jadi tau isim nakirah dan isim marifat

    BalasHapus