Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Kamu

Apa bahasa Arabnya kamu? Kamu dalam bahasa Arab memiliki berbagai bentuk. Sebagaimana dalam bahasa Indonesia yang mempunyai berbagai bentuk untuk menyatakan kamu. Misalnya ada kata “kamu” dan ada bentuk terikat –mu seperti dalam kalimat “Bagaimana kabarmu?”. Namun dalam bahasa Arab “kamu” memiliki lebih banyak bentuk dan agak rumit.

Berikut adalah kamu dalam bahasa Arab

أَنْتَ (anta)

أنْتَ (anta) adalah adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti kamu (laki-laki). Kata أتْتَ (anta) digunakan untuk laki-laki. Penulisan أَنْتَ (anta) dipisah dengan kata sebelumnya, sehingga ini disebut dhomir munfashil.

Contoh:
مَنْ أنْتَ؟
Man anta?
Siapa kamu?

أَنْتِ (anti)

أَنْتِ (anti) adalah adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti kamu (perempuan). Kata أَنْتِ (anti) digunakan untuk perempuan. Penulisan أَنْتِ (anti) juga dipisah dengan kata sebelumnya, sehingga ini disebut dhomir munfashil.
Contoh:
مَنْ أنْتِ؟
Man anti?
Siapa kamu?

-كَ (-ka)

-كَ (-ka) adalah bentuk terikat dalam bahasa Arab yang sama seperti bentuk terikat –mu dalam bahasa Indonesia. Namun –كَ(–ka) hanya digunakan laki-laki sedangkan untuk perempuan menggunakan -كِ (-ki). Bentuk terikat ini penulisannya disambung dengan kata sebelumnya sehingga disebut dhomir muttashil.
Contoh:
كَيْفَ حَالُكَ؟
Kayfa haaluk(a)?
Bagaimana kabarmu?

-كِ (-ki)

-كِ (-ki) adalah bentuk terikat dalam bahasa Arab yang sama seperti bentuk terikat –mu dalam bahasa Indonesia. Namun –كِ (–ki) hanya digunakan perempuan sedangkan untuk laki-laki menggunakan –كَ (-ka). Bentuk terikat ini penulisannya disambung dengan kata sebelumnya sehingga disebut dhomir muttashil.
Contoh:
كَيْفَ حَالُكِ؟
Kayfa haaluk(i)?
Bagaimana kabarmu?

-تَ (-ta)

-تَ (-ta) jika terletak pada fi’il madhi artinya adalah kamu (laki-laki). Ini disebut dhomir rofa’ mutaharrik.
Contoh:
أَكَلْتَ
Akalta
Kamu (laki-laki) sudah makan.

-تِ (-ti)

-تِ (-ti) jika terletak pada fi’il madhi artinya adalah kamu (perempuan). Ini disebut dhomir rofa’ mutaharrik.
Contoh:
أَكَلْتِ
Akalti
Kamu (perempuan) sudah makan.

تَ- (ta-)

تَ- (ta-) jika terletak di awal fi’il mudhari’ artinya adalah kamu (laki-laki).
Contoh:
تَأْكُلُ
Ta-kulu
Kamu (laki-laki) sedang makan.

تَ-يْنَ (ta-yna)

تَ-يْنَ (imbuhan ta-yna) yang terletak dalam fi’il mudhari’ artinya kamu (perempuan). تَ-  (ta-) di awal dan –يْنَ(–yna) di akhir.
Contoh:
تَاْكُلِيْنَ
Ta-kuliyna
Kamu (perempuan) sedang makan.

1 komentar untuk "Bahasa Arab Kamu"