Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Solusi Lancar Berbahasa Arab yang Efektif bagi Pemula

Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab tetapi tidak punya teman yang bisa diajak bicara dengan bahasa tersebut? Sebenarnya ada banyak orang yang mempunyai minat yang sama dengan Anda. Biasanya mereka membentuk komunitas bahasa di sosial media seperti facebook. Anda  bisa mencari grup-grup bahasa Arab di facebook dan bergabung di dalamnya. Aktiflah di grup tersebut dengan sering berkomentar dan posting dengan bahasa yang sedang Anda pelajari. Ini akan membantu Anda memperkaya kosa kata dan kelihaian Anda berbicara.

Seringkali saya melihat pembelajar pemula yang sering mengeluh karena tidak memahami pembicaraan anggota-anggota lain yang sudah mahir. Biasanya mereka meminta menyertakan arti pada setiap postingan berbahasa Arab. Janganlah bersikap demikian. Seharusnya Anda jangan terlalu manja dan membuat orang lain merasa risih. Bukalah kamus jika memang tidak tahu artinya . sekarang banyak kamus digital baik daring maupun luring yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memanfaatkan google translate untuk menerjemahkan percakapan mereka. Anda perlu pandai-pandai menggunakan mesin penerjemah karena terjemahan yang dihasilkan seringkali kurang efektif. Anda bisa bertanya langsung mengenai kosa kata atau frasa kepada member lain jika memang Anda telah berusaha mencarinya sendiri tetapi tidak menemukan jawaban. Bertanyalah menggunakan bahasa Arab karena belajar bahasa yang efektif adalah dengan mempraktikannnya secara langsung.  Jika memang kemampuan Anda masih nol maka bergabunglah dengan grup yang memang ditujukan untuk para pemula. Namun saya tidak menyarankan Anda berlama-lama menjadi seorang pemula. Anda harus meningkatkan level kemampuan Anda.

Setiap grup pastilah mempunyai aturan. Sebagai anggota Anda harus mematuhi peraturan yang ada. Jangan gunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah karena kemungkinan  grup yang Anda ikuti terdiri dari anggota-anggota dari berbagai belahan dunia kecuali jika memang grup tersebut memang khusus  untuk pembelajar dari Indonesia. Jangan takut salah menyusun kalimat karena biasanya meskipun salah tetapi masih bisa dimengerti oleh lawan bicara yang sudah mahir dan biasanya akan ada member lain yang membetulkan susunan kalimat jika memang kalimat Anda salah dan tentunya Anda tak perlu malu ataupun marah  justru anda pelu berterima kasih.

Seringkali ada member dari grup bahasa di facebook terutama grup internasional yang membuat grup pada aplikasi-aplikasi smartphone semisal whatsapp, line dan lainnya dan mengajak anggota lainnya untuk bergabung. Anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab Anda.

Mungkin dengan cara yang telah saya paparkan di atas Anda bisa lebih lihai berbahasa Arab via teks. Lalu bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa Arab dengan mulut secara langsung.? Anda bisa memanfaatkan voice message di whatsapp atau mengobrol lewat panggilan telepon atau video via aplikasi smartphone. Jadi Anda tidak mengeluarkan biaya lebih untuk menelepon internasional karena panggilan via aplikasi tersebut menggunakan kuota internet bukan pulsa.

Akan lebih baik jika Anda mempunyai partner berbicara di dunia nyata. Anda bisa mengajak teman Anda yang mempunyai minat sama dengan Anda yakni belajar bahasa yang Anda pelajari untuk bersama-sama berbicar menggunakan bahasa tersebut. Jika pminatnya banyak Anda bisa membuat sebuah konunitas bahasa di lingkungan Anda dan komunitas Anda perlu terbuka bagi orang lain untuk bergabung. Dengan langsung mempraktikan berbicara maka belajar bahasa pun menjadi efektif.

Referensi:

7 komentar untuk "Inilah Solusi Lancar Berbahasa Arab yang Efektif bagi Pemula"

  1. Mantap gan. Lanjutkan memberi yang bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Terimakasih gan, jadi tambah semangat. Hehe

    BalasHapus
  3. keren gan .... banyak manfaatnya

    BalasHapus
  4. Mantap gan, saya sendiri jga lagi belajar b. Arab di pesantren Husnul Khotimah :)

    BalasHapus
  5. Mantap gan, saya sendiri jga lagi belajar b. Arab di pesantren Husnul Khotimah :)

    BalasHapus