Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mubtada dan Khabar

Pengertian Mubtada dan Khabar

Mubtada dan khabar adalah dua unsur dasar pembentuk kalimat nominal dalam bahasa Arab. Kalimat nominal dalam bahasa Arab disebut dengan istilah jumlah ismiyah. Artinya kalimat nominal dalam bahasa Arab tersusun atas mubtada dan khabar. Sama halnya dalam bahasa Indonesia yang mana susunan kalimatnya terdiri dari subjek dan predikat, dalam bahasa Arab pun susunan kalimatnya tersusun dari subjek dan predikat, subjek dalam kalimat bahasa Arab disebut mubtada sedangkan predikatnya disebut khabar. Mubtada dan khabar dibaca rafa. Mubtada haruslah isim ma‘rifat sedangkan khabar haruslah isim nakirah.



  • Mubtada adalah isim yang dibaca rafa' dan berada di awal kalimat. Mubtada tersebut diletakkan dengan maksud untuk mengabarkan sesuatu tentangnya.

Contoh:
الطََالِبُ مَاهِرٌ.
Aṭ-ṭālibu māhirun.
Murid itu pandai.

Kata الطََالِبُ adalah mubtada yang mana dikabarkan kalau dia مَاهِرٌ (pandai).

Khabar adalah isim yang dibaca rafa' yang mengabarkan dengannya sesuatu tentang mubtada untuk menyempurnakan makna kalimat.
Contoh:
الطََالِبُ مَاهِرٌ.
Aṭ-ṭālibu māhirun.
Murid itu pandai.
Kata مَاهِرٌ adalah khabar yang mana mengabarkan mubtada (الطََالِبُ) adalah pandai. Kata مَاهِرٌ menyempurnakan makna kata الطََالِبُ sehingga membentuk makna kalimat yang sempurna.


Referensi:

Posting Komentar untuk "Pengertian Mubtada dan Khabar"