Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kosakata Bahasa Arab Tentang Jenjang Pendidikan (Sekolah/Perguruan Tinggi)

Kelas berapa kamu sekarang? Di jenjang apa? SD, SMP, SMA, atau sudah lulus atau sedang kuliah? Kali ini kita akan membahas kosakata bahasa Arab tentang jenjang pendidikan dari mulai PAUD hingga Perguruan Tinggi.
belajar
sumber gambar: pixabay.com

Yang pertama adalah PAUD, PAUD merupakan kependekan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Bahasa Arab PAUD adalah تنمية الطفولة المبكرة (tanmiyah al-ṭufūlah al-mubakkirah).

Kemudian di jenjang selanjutnya ada TK. TK atau Taman Kanak-kanak dalam bahasa Arab disebut dengan رَوْضَةُ الأَطْفَال (rauḍat al-aṭfāl).


Kemudian di jenjang selanjutnya ada SD atau MI. Bahasa Arab Sekolah Dasar atau SD adalah المَدْرَسَة الإبْتِدَائِيَّة sedangkan MI atau Madrasah Ibtidaiyah adalah المَدْرَسَة الإِبْتِدَائِيَّة الإسْلَامِيَّة. Sebenarnya MI atau Madrasah Ibtidaiyah sudah dalam bahasa Arab tetapi itu kalau dibahasaarabkan lagi ada kata Islamiyah di belakangnya. Itu karena MI di Indonesia adalah sekolah dasar berbasis Islam sedangkan المَدْرَسَة الإبْتِدَائِيَّة dalam bahasa Arab berati Sekolah Dasar yang sifatnya umum, maka jika yang dimaksud adalah sekolah dasar berbasis Islam, bahasa Arabnya adalah المَدْرَسَة الإِبْتِدَائِيَّة الإسْلَامِيَّة. Jika sekolahnya sekolah negeri maka tambahkan kata الحُطُوْمِيَّة di belakangnya, sehingga menjadi المَدْرَسَة الإبْتِدَائِيَّة الحُكُوْمِيَّة (SDN) atau المَدْرَسَة الإِبْتِدَائِيَّة الإسْلَامِيَّة الحُكُوْمِيَّة (MI Negeri).

Kemudian di jenjang selanjutnya ada SMP/MTs. Bahasa Arabnya SMP/MTs adalah:
المعنىالمفردات الرقم
SMPالمَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة1
MTsالمَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة الإسلَامِيَّة2
SMP Negeriالمَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة الحُكُوْمِيَّة3
MTs Negeriالمَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة الإسلَامِيَّة الحُكُوْمِيَّة4

MTs atau Madrasah Tsanawiyah sebenarnya sudah dalam bahasa Arab tetapi penyebutan itu hanya berlaku di Indonesia. Di negara-negara Arab menyebutnya المَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة untuk SMP dan المَدْرَسَة المُتَوَسِّطَة الإسلَامِيَّة untuk MTs.


Kemudian di jenjang selanjutnya ada SMA, MA, atau SMK. Bahasa Arabnya SMA/MA/SMK adalah:
المعنىالمفردات الرقم
SMAالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة1
MAالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة الإسلَامِيَّة2
SMA Negeriالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة الحُكُوْمِيَّة3
MA Negeriالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة الإسلَامِيَّة الحُكُوْمِيَّة4
SMKالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة المِهَنِيَّة5
SMK Negeriالمَدْرَسَة الثَّانوِيَّة المِهَنِيَّة الحُكُوْمِيَّة6

Kemudian di jenjang selanjutnya ada Perguruan Tinggi. Di perguruan tinggi juga ada tingkatannya yaitu s1 yang bergelar sarjana, s2 yang bergelar magister, dan s3 yang bergelar doktor. Selain itu ada juga tingkat diploma sebelum S1 atau setara S1. Selain itu ada juga gelar profesor yang lebih tinggi setelah doktor.
المعنىالمفردات الرقم
Sarjanaليسانس1
Magisterالماجستير2
Doktorالدكتور3
Profesorالأستاذ 4


Demikianlah postingan tentang Kosakata Bahasa Arab Tentang Jenjang Pendidikan (Sekolah/Perguruan Tinggi). Ternyata terdapat perbedaan antara penggunaan beberapa kosakata bahasa Arab di Indonesia dan negara-negara Arab. Seperti Madrasah Tsanawiyah di Indonesia digunakan untuk jenjang setara SMP sedangkan di negara Arab digunakan untuk jenjang pendidikan setara SMA. Begitu pula dengan kata الأستاذ yang mana jika di Indonesia berarti guru agama Islam sedangkan di negara Arab berarti profesor yang merupakan gelar yang lebih tinggi daripada doktor.

Posting Komentar untuk "Kosakata Bahasa Arab Tentang Jenjang Pendidikan (Sekolah/Perguruan Tinggi)"