Tanda-tanda kalimah Fi'il

Tanda-tanda kalimah Fi'il
via wikipedia

Ya, kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri kalimah fi'il. Kalimah fi'il adalah kalimah yang menunjukkan arti pekerjaan dan terikat oleh waktu atau lebih simpelnya kalimah fi'il itu adalah kata kerja atau verba. Jika kita menjumpai sebuah kalimah atau kata maka ada tiga kemungkinan mengenai jenis kata itu, yang pertama  kata itu adalah isim, yang kedua kata itu adalah fi'il, dan jika kata itu bukan isim dan bukan fi'il maka dapat dipastikan kalau kata itu adalah harf. Bagaimana cara mengetahui kalau kata itu isim, fi'il atau harf? Yaitu dengan melihat tanda-tandanya. jika ada tanda yang menunjukkan kalau itu adalah kalimah isim maka dapat diketahui bahwa kata tersebut adalah kalimah isim. Untuk tanda-tanda kalimah isim, kalian bisa membaca artikel kami sebelumnya mengenai "Tanda-tanda Kalimah Isim". Sekarang kita akan membahas mengenai tanda-tanda kalimah fi'il. Apa saja itu?

Tanda-tanda Kalimah Fi'il

1.Lafadz "قَدْ"

Lafadz qad ini menjadi tanda kalimah fi'il. Jika ada kalimah/kata di dahului kata qad maka dapat diketahui bahwa kata tersebut adalah fi'il.
Kata qad ini bisa masuk pada fi'il madhiy dan bisa masuk pada fi'il mudhari'. Jika masuk pada fi'il madhiy maka maknanya menguatkan (sungguh/benar-benar). Contoh:
قَدْ ذَهَبَ
ٍSungguh dia telah pergi
Jika kata qad masuk pada fi'il mudhari' maka maknanya menjadi terkadang. Contoh:
قَدْ يَذْهَبُ
ٍTerkadang dia pergi.

2. Sin Tanfis (سَ)

Huruf sin ini menjadi tanda kalimah fi'il. Sin tanfis atau سَ mempunyai arti akan. Contoh:
سَأَقُوْلُ
Saya akan berkata
Sin ini hanya masuk pada fi'il mudhari' dan tidak masuk pada fi'il maadhiy.

3. Sawfa (سَوْفَ)

Kata sawfa ini juga memiliki arti akan tetapi "akan" yang dimaksud rentang waktunya lebih panjang dari pada sin tanfis. Sama seperti sin tanfis, Sawfa juga hanya masuk pada fi'il mudhari' dan tidak masuk pada fi'il maadhiy.Contoh:
سَوْفَ تَعْلَمُوْن

4. Ta' Ta'nits Saakinah (تْ)

Ta' ta'nits saakinah maksudnya ta' yang menunjukkan makna perempuan dan dibaca sukun. Contoh:
قَالَتْ: Dia (perempuan) telah berkata
Ta' ta'nits saakinah hanya masuk pada fi'il maadhiy (tidak masuk pada fi'il mudhaari')

Itulah ciri-ciri kalimah fi'il. Jika ada kekeliruan pada pembahasan kali ini, silakan bisa disampaikan di kolom komentar. 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Isti’arah dan Macam-macamnya

Percakapan Bahasa Arab Tentang Masa Remaja (مَرحَلَة الْمُراهَقَةِ)

Teks Qiraah/Bacaan Bahasa Arab Tentang Kebersihan Lingkungan (نَظافَةُ الْبيئَةِ)